Abstrak


Analisis Pengendalian Kualitas Produk dengan Metode Six Sigma (Studi pada PT. Kyokuyo Industrial Indonesia (KIIN))


Oleh :
Shinta Kumalasari - F1216064 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengimplementasian pengendalian kualitas produk dengan menggunakan metode six sigma, mengetahui faktorfaktor penyebab terjadinya produk cacat pada proses press, serta mengetahui kebijakan pengendalian kualitas yang dapat dilakukan untuk menghindari kerusakan atau kecacatan produk pada proses press sebagai pertimbangan untuk melakukan pengambilan keputusan manajerial. Penelitian ini dilakukan pada PT. Kyokuyo Industrial Indonesia (KIIN). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan dokumentasi. Data yang diperoleh merupakan data produksi dan data barang cacat. Selain dokumentasi, peneliti juga melakukan wawancara dengan pihak perusahaan untuk menemukan solusi terbaik dalam pengendalian kualitas. Jenis penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Alat ukur yang dipakai adalah analisis six sigma.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pada proses press periode 26 Juli – 25 Agustus 2018 memiliki nilai sigma 4,92. Hal ini dinilai cukup baik karena memenuhi standar industri USA (sigma 4). Untuk menaikkan nilai sigma mencapai sigma yang sempurna (sigma 6), diusulkan beberapa langkah antara lain: pengecekan material sebelum proses, mengadakan pelatihan untuk operator secara berkala, memberikan peringatan pada operator agar tidak melakukan kesalahan, membuat schedule perawatan mesin press (Die) atau kalibrasi mesin secara berkala, inspeksi terhadap mutu diperketat, menjaga kebersihan lingkungan produksi, serta menjaga kebersihan mesin.
Penelitian ini memiliki keterbatasan dalam hal subyek dan obyek penelitian, karena fokus penelitian hanya dilakukan pada produk yang dihasilkan oleh proses produksi press pada periode 26 Juli – 25 Agustus 2018. Sehingga dalam penelitian selanjutnya diharapkan melengkapi keterbatasan dalam penelitian ini.

Kata kunci: Six Sigma, DMAIC, Pengendalian Kualitas.