Abstrak


Penerapan Model Pembelajaran Sentra di Kelompok A (Studi Kasus di TK Islam Bakti IX Surakartatahun 2018)


Oleh :
Tri Ulya Wardati Qori’ah - K8114068 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran sentra yang meliputi persiapan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran di kelompok A dengan melakukan studi kasus di TK Islam Bakti IX Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus.
Subjek penelitian yang terlibat adalah anak, guru, dan orangtua. Data yang dikumpulkan oleh peneliti melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis Miles and Huberman. Teknik uji validitas data dengan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi sumber dan triangulasi tenik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran sentra di TK Islam Bakti IX Surakarta diawali dengan mempersiapkan tenaga pendidik sehingga memiliki pehaman terkait model pembelajaran sentra. Pelaksanaan pembelajaran di TK Islam Bakti IX mengacu pada aturan pemerintah dengan sedikit pengembangan, penyelenggaraan pembelajaran sentra berfokus pada anak dalam lingkaran menggunakan empat jenis pijakan yaitu pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan selama main, dan pijakan setelah main. TK Islam Bakti IX menerapkan lima hari sekolah, serta satu jenis sentra setiap harinya, terdapat lima sentra yang diterapkan yaitu sentra balok, sentra keterampilan hidup, sentra seni, sentra persiapan, dan sentra bermain peran. TK memanfaatkan barang bekas dan membuat lembar kerja anak sendiri. Evaluasi pembeajaran dilakukan melalui catatan anekdot, penilaian hasil karya, penialaian unjuk kerja, penialaian percakapan, penugasan, penilaian portofolio dan observasi. Penerapan model pembelajaran sentra dapat menstimulus anak untuk dapat mengoptimalkan enam bidang perkembangana anak.

Kata kunci: Model pembelajaran sentra, kelompok A.