Abstrak


Pentingnya Kemampuan Membaca Aksara Hanzi dalam Keefektifan Proses Penerjemahan Memo di Departemen Utility Bagian Wtp/Wwtp Pt. Rayon Utama Makmur Sukoharjo


Oleh :
Arimbi Nandyasha Sekarlangit - B3315029 - Fak. Ilmu Budaya

ABSTRAK

Penerjemah di Departemen Utility Bagian WTP/WWTP PT. Rayon Utama Makmur berfungsi sebagai pengalih bahasa namun juga sebagai jembatan komunikasi. Komunikasi yang terjadi dapat berupa interaksi langsung ataupun menggunakan  media, contohnya  dengan  menggunakan  memo.  Sebagai penerjemah, kemampuan membaca aksara Hanzi sangat diperlukan dalam menerjemahkan memo. Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui seberapa penting kemampuan membaca aksara Hanzi dalam keefektifan proses penerjemahan memo pada Departemen Utility Bagian WTP/WWTP PT. Rayon Utama Makmur serta kendala yang terjadi dan bagaimana solusi untuk mengatasinya.

Metode yang digunakan penulis adalah metode observasi dan wawancara yang dilakukan selama melakukan praktek kerja lapangan di Departemen Utility Bagian WTP/WWTP PT. Rayon Utama Makmur Sukoharjo.

Hasil praktek kerja lapangan dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca aksara Hanzi dinilai sangat penting dalam keefektifan proses penerjemahan memo pada Departemen Utility Bagian WTP/WWTP PT. Rayon Utama Makmur. Kendala yang dihadapi terkait penguasaan aksara Hanzi yaitu kurangnya kemauan untuk belajar bahasa Mandarin tulisan karena sebagian besar penerjemahan yang terjadi lebih banyak menggunakan penerjemahan lisan. Kendala ini dapat diatasi dengan penggunaan Sistem Kata Kunci untuk membantu penerjemah membiasakan diri menerjemah aksara Hanzi.

Kata Kunci: Memo, Aksara Hanzi, Penerjemahan, Tulisan