Abstrak


Implementasi Data Mining menggunakan Algoritme C5.0 pada Data Kelulusan Mahasiswa S1 Universitas Sebelas Maret Surakarta


Oleh :
Guntur Arief Darmawan - M0113019 - Fak. MIPA

ABSTRAK

Data mining merupakan  suatu teknik yang digunakan  untuk mengatasi ma- salah penggalian informasi atau pola yang penting dari data dalam jumlah besar. Penggunaan teknik data mining dapat  memberikan informasi yang berharga bagi suatu  bidang, seperti  pada  bidang  pendidikan.   Pada  bidang  pendidikan,  suatu sistem informasi digunakan  untuk  memperoleh informasi yang menunjang  setiap kegiatan pada pengambilan keputusan. Universitas Sebelas Maret Surakarta atau UNS merupakan salah satu lembaga yang bergerak di bidang pendidikan.  Setiap tahunnya, data  kelulusan mahasiswa UNS selalu bertambah dan semakin besar, sehingga digunakan teknik  data mining  untuk  mengatasi  hal tersebut.  Metode data mining  yang digunakan dalam penelitian  ini adalah  algoritme C5.0.

Tujuan  dalam penelitian  ini adalah  untuk  menerapkan  teknik data mining menggunakan  algoritme  C5.0 pada  data  kelulusan  mahasiswa  S1 UNS periode desember 2017. Berdasarkan hasil penelitian,  diperoleh model pohon keputusan dengan 19 aturan  klasi?kasi.  Nilai akurasi  yang diperoleh dari pohon keputusan sebesar 80.4 ?n nilai laju eror sebesar 19.6 %.

Kata Kunci : Data mining,  Klasifikasi, Algoritma  C5.0.