Abstrak


Prosedur Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil melalui Penyesuaian Ijazah di Sekretariat Daerah Kabupaten Boyolali


Oleh :
Sidiq Rifa’i - D1515092 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Kenaikan pangkat melalui penyesuaian ijazah merupakan suatu bentuk apresiasi kepada pegawai negeri sipil atas penyelesaian tugas belajar atau izin belajar. Prosedur kenaikan pangkat yang jelas dapat memberikan dampak bagi instansi maupun pegawai negeri sipil didalam pengajuan pangkat, sehingga akan berdampak pada administrasi yang efektif dan efisien. Pengamatan ini dimaksudkan untuk mengetahui prosedur kenaikan pangkat Pegawai Negeri Sipil melalui penyesuaian ijazah yang ada di Sekretariat Daerah Kabupeten Boyolali.
Pelaksanaan pengamatan ini, penulis menggunakan observasi berperan aktif, yaitu penulis menggunakan observasi ini karena observasi ini memberikan kesempatan bagi penulis untuk mengumpulkan data dan terbukanya kesempatan bagi penulis untuk mengambil bagian yang nyata didalam kegiatan kenaikan pangkat pegawai negeri sipil terutama melalui penyesuaian ijazah. Sumber data yang diperoleh adalah berdasarkan informan, dokumen dan arsip. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, mengkaji dokumen dan arsip, dan perekaman, maka dari situlah dapat membuat kesimpulan.
Hasil pengamatan prosedur kenaikan pangkat pegawai negeri sipil melalui penyesuaian ijazah di Sekretariat Daerah Kabupaten Boyolali terdapat sedikit perbedaan dengan Standard Operating Procedures (SOP) akan tetapi perbedaan tersebut berjalan lebih efektif dan efisien. Serta pegawai negeri sipil yang ikut kenaikan pangkat penyesuaian ijazah harus terlebih dahulu mengikuti dan lulus dari Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah, sehingga dalam kenaikan pangkat penyesuaian ijazah harus tertib administrasi dan lulus ujian. Akan tetapi, masih terdapat hambatan yang ditemui pada saat kenaikan pagkat penyesuaian ijazah yaitu pada saat menghimpun berkas pegawai (pemohon) masih terdapat kekurangan persyaratan berkasnya dan masih terdapat pegawai yang tidak lulus ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijazah. Dari pengamatan ini dapat disimpulkan bahwa prosedur kenaikan pangkat sudah berjalan lebih efektif dan efisien, serta sudah ditangani oleh pegawai yang ahli dalam bidangnya.


Kata Kunci : Prosedur, Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil, Penyesuaian Ijazah