;

Abstrak


Pengaruh Demensia, Dukungan Keluarga, Dukungan Teman Sebaya, Tempat Tinggal dan Status Perkawinan Terhadap Kualitas Hidup Lansia Di Pajang Surakarta


Oleh :
Sri Suwarni - S021602055 - Sekolah Pascasarjana

ABSTRAK

Latar Belakang: Populasi   lansia   diprediksi   terus   meningkat sehingga Indonesia termasuk kelompok negara berstruktur lansia (ageing population). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh demensia, dukungan keluarga, dukungan teman sebaya, tempat tinggal dan status perkawinan terhadap kualitas hidup lansia di Surakarta.

Metode: Penelitian ini merupakan studi analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Sebanyak 218 subjek yang dipilih secara fixed exposure sampling dengan perbandingan 1:3 dari lansia di panti wreda Dharma Bakti Surakarta dan Posyandu lansia di sekitar panti wreda (di komunitas masyarakat). Teknik analisis data menggunakan Path analysis.

Hasil: Hasil penelitian diperoleh   adanya pengaruh tempat tinggal (bersama dengan keluarga) (b = 22.93, p < 0 xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed>impulan:Kualitas   hidup   lansia   yang   baik   dipengaruhi   oleh   ringannya   derajat demensia, kuatnya dukungan keluarga dan dukungan teman sebaya, tempat tinggal di komunitas masyarakat dengan keluarga dan berstatus kawin.

Kata  Kunci:  Demensia,  Dukungan  Keluarga,  Dukungan  Teman  Sebaya,  Kualitas hidup, Lansia.