Abstrak


Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Kreativitas Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 4 Klaten


Oleh :
Anita Kumala Sari - K7514008 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Ada tidaknya pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar Kewirausahaan siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK N 4 Klaten. 2) Ada tidaknya pengaruh kreativitas mengajar guru terhadap hasil belajar Kewirausahaan siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK N 4 Klaten. 3) Ada tidaknya pengaruh lingkungan keluarga dan kreativitas mengajar guru secara bersama-sama terhadap hasil belajar Kewirausahaan siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK N 4 Klaten.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian yang diajukan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Administrasi Perkantoran dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 83 responden. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah proportional random sampling.
Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh positif yang signifikan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 4 Klaten. Hal ini ditunjukkan dengan  rhitung (0,349) > rtabel (0,2159), maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan taraf signifikan 5%. 2) Ada pengaruh positif yang signifikan kreativitas mengajar guru terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 4 Klaten. Hal ini ditunjukkan dengan  rhitung (0,466) > rtabel (0,2159), maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan taraf signifikan 5%. 3) Ada pengaruh positif yang signifikan lingkungan keluarga dan kreativitas mengajar guru secara bersama-sama terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 4 Klaten. Hal ini ditunjukkan dengan  Fhitung (12,521) > Ftabel (3,109), maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan taraf signifikan 5%.