Abstrak


Layanan Informasi Karier Menggunakan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Perencanaan Karier Peserta Didik Kelas VIII MTS Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018


Oleh :
Rohayati - K3114042 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan layanan informasi karier menggunakan mind mapping untuk meningkatkan perencanaan karier peserta didik MTs Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design dengan rancangan Non equivalent Control Group Design yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek penelitian masing-masing kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berjumlah 10 peserta didik yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket perencanaan karier. Analisis data menggunakan Mann Whitney dengan bantuan SPSS 20.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh uji Mann-Whitney U sebesar 19.000 dan harga uji Z sebesar -2.355 dengan signifikansi sebesar 0.019. Angka signifikansi 0.019 lebih kecil dari 0.05, sehingga terdapat perbedaan perencanaan karier antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol setelah diberikan treatment. Simpulan yang dapat diambil dari hasil analisis yaitu, layanan informasi karier menggunakan mind mapping efektif untuk meningkatkan perencanaan karier peserta didik MTs Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2017/2018.

Kata kunci: Layanan Informasi Karier, Mind Mapping, Perencanaan Karier