Abstrak


Prosedur Pengelolaan Arsip Pensiun di PT. TASPEN (PERSERO) Kantor Cabang Surakarta


Oleh :
Meidita Wahyu Handayani - D1515060 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur pengelolaan arsip pensiun di PT. TASPEN (Persero) Kantor Cabang Surakarta. Pengamatan ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Penulisan Tugas Akhir ini menggunakan landasan teori berupa studi pustaka dan pengamatan secara langsung di lapangan yang dapat menjadi bahan rujukan dalam penulisan Tugas Akhir ini.  
Kegiatan administrasi pada dasarnya menghasilkan, menerima, mengolah dan menyimpan berkas berkas menjadi arsip. Pengelolaan arsip pension mempunyai peranan penting dalam kegiatan pelayanan sehingga harus mengikuti prosedur yang telah ditentukan oleh PT. TASPEN (Persero). Arsip pension tercipta sebagai akibat dari pengajuan klaim hak peserta pensiun sehingga arsip pensiun yang tersimpan dapat menentukan kelancaran proses pelayanan terhadap peserta pensiun. Dengan semakin banyaknya berkas yang terkumpul dan tersimpan maka pengelolaan arsip sangatlah penting sebagai sumber informasi karena memiliki nilai guna yang tinggi bagi PT. TASPEN (Persero). Pengelolaan arsip yang teratur dan rapi menjadikan tugas-tugas bagian pelayanan terhadap peserta pensiun dapat berjalan dengan lancar dan tepat waktu.  
Hasil pengamatan yang diperoleh penulis adalah prosedur pengelolaan arsip pensiun di PT. TASPEN (Persero) Kantor Cabang Surakarta meliputi penerimaan arsip pensiun berupa pemilahan berkas, pengurutan nomor arsip, sterilisasi arsip, penyiangan berkas, scan, Compress dan ELO (Electronic Leitz Ordner), penyimpanan arsip dilakukan dengan menata boks file di rak arsip sesuai dengan nomor arsip yang tertera di map kemudian kegiatan peminjaman dan penemuan kembali arsip dilakukan sesuai dengan nomor arsip yang dibutuhkan dalam proses pelayanan peserta, terakhir pemusnahan arsip pensiun yang dilakukan oleh bagian umum.

Kata Kunci : pengelolaan, arsip, pension