Abstrak


Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kualitas Pesan Iklan dan Frekuensi Penayangan Iklan Terhadap Sikap Keikutsertaan Masyarakat Wajib Pajak dalam Program Tax Amnesty (Analisis Pengaruh Iklan pada Masyarakat Wajib Pajak Di Komunitas Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Surakarta)


Oleh :
Rischa Mukaromah Kurnia Dewi - D1215045 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Menganalisis signifikansi pengaruh daya tarik iklan tax amnesty terhadap sikap masyarakat dalam keikutsertaan dalam program tax amnesty di Komunitas HIPMI Surakarta. 2) Menganalisis signifikansi pengaruh kualitas pesan iklan tax amnesty terhadap sikap masyarakat dalam keikutsertaan dalam program tax amnesty di Komunitas HIPMI Surakarta. 3) Menganalisis signifikansi pengaruh frekuensi penayangan iklan tax amnesty terhadap sikap masyarakat dalam keikutsertaan dalam program tax amnesty di Komunitas HIPMI Surakarta.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Surakarta yang berjumlah 151 orang. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 75 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regersi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Daya tarik iklan tax amnesty berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap masyarakat dalam keikutsertaan dalam program tax amnesty, yang artinya apabila daya tarik iklan tax amnesty tinggi maka sikap masyarakat dalam keikutsertaan dalam program tax amnesty pada juga meningkat. 2) Kualitas pesan iklan tax amnesty berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap masyarakat dalam keikutsertaan dalam program tax amnesty, yang artinya semakin tinggi kualitas pesan iklan tax amnesty maka maka sikap masyarakat dalam keikutsertaan dalam program tax amnesty juga meningkat. 3) Frekuensi penayangan iklan tax amnesty berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap masyarakat dalam keikutsertaan dalam program tax amnesty, yang artinya semakin tinggi frekuensi penayangan iklan tax amnesty maka maka sikap masyarakat dalam keikutsertaan dalam program tax amnesty juga meningkat. 4) Daya tarik iklan tax amnesty, kualitas pesan iklan tax amnesty dan frekuensi penayangan iklan tax amnesty secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap sikap masyarakat dalam keikutsertaan dalam program tax amnesty, yang artinya apabila daya tarik iklan tax amnesty, kualitas pesan iklan tax amnesty dan frekuensi penayangan iklan tax amnesty tinggi maka sikap masyarakat dalam keikutsertaan dalam program tax amnesty juga meningkat.

Kata kunci : efektivitas iklan, HIPMI,  keikutsertaan dalam program tax amnesty