Abstrak


Back Calculation Penentuan Nilai Modulus Elastisitas Batuan Limestone Berdasarkan Data Pengujian Pressuremeter (PMT)


Oleh :
Akbar Dwi Anggoro - I0114005 - Fak. Teknik

Abstrak

Pressuremeter Test (PMT) adalah salah satu metode investigasi tanah secara insitu yang digunakan untuk mengetahui perilaku tekanan dan regangan dari tanah. Perilaku tekanan dan regangan tanah pada fase pseudo-elastis dapat digambarkan dengan parameter keluaran PMT berupa modulus presurremeter (EPMT). Sudah disadari sejak lama bahwa EPMT tidak dapat digunakan secara langsung untuk menggambarkan nilai modulus elastisitas atau modulus Young (E) dari tanah sehingga diperlukan suatu koreksi.
Menard dan Rousseau menyarankan agar digunakan Menard’s ? Factor dalam mengkoreksi nilai EPMT yang ditentukan secara empiris disesuaikan dengan jenis tanah, kondisi kepadatan, serta perilaku deformasi pada tanah atau batuan saat diberikan tekanan (sifat rheologi) sehingga diperlukan suatu studi terhadap perilaku PMT beserta nilai Menard’s ? Factor pada berbagai jenis sampel yang lebih spesifik, salah satunya adalah pada jenis batuan sedimen limestone. Pada penelitian ini akan dilakukan Back Calculation terhadap nilai E dari pengujian PMT pada batuan sedimen limestone dengan cara memodelkan ulang PMT menggunakan Metode Elemen Hingga (MEH). Back Calculation merupakan proses perhitungan ulang secara matematis dalam mengestimasi nilai suatu data dari kejadian beserta parameter-parameter terkait.
Hasil studi menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang bagus antara modulus elastisitas hasil dari PMT dengan modulus elastisitas dari dari back calculation. Faktor koreksi menard pada studi ini konsisten dengan hasil penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya yaitu sebesar 0.47 dimana nilai ini meningkat seiring dengan pertambahan kedalaman sampel uji.