Abstrak


Bentuk Strategi Penyesuaian Diri Anggota Gaya Mahardhika Surakarta di Tengah Masyarakat Heteronormativitas


Oleh :
Paulin Mega Kristina - K8414040 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk strategi adaptasi Anggota Gaya Mahardhika Surakarta dengan identitas homoseksual di tengah masyarakat heteronormativitas.
Informan dalam penelitian ini adalah empat orang anggota Gaya Mahardhika Surakarta, yang terdiri dari dua orang gay dan dua orang lesbian berusia 20-36 tahun   dengan   pekerjaan   yang   berbeda.   Informan   dipilih   dengan   teknik pengambilan informan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan naratif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara dan observasi langsung. Triangulasi  data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Data dianalisis dengan teori adaptasi John W. Bennett.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga bentuk strategi adaptasi Anggota Gaya Mahardhika, yaitu (1) strategi adaptasi perilaku, informan berperilaku sesuai dengan harapan masyarakat dengan cara, (a) manipulasi orientasi seksual;  (b) bermanfaat bagi orang lain; (2) Strategi  adaptasi  siasat, siasat yang dirancang untuk menghadapi resistensi atau penolakan, dengan cara (a) memahami SOGIE, (b) menggunakan internet sebagai ruang perjuangan, (c) membangun resiprokal dalam kelompok LGBT, (d) berprestasi; (3) strategi adaptasi proses, yang dibagi menjadi dua level; individu dan kelompok. Pada tingkat individu, (a) coming in; (b) coming out; sedangkan dalam tingkat kelompok, Gaya Mahardhika melakukan adaptasi agar tetap diterima masyarakat dengan cara (a) kolaborasi komunitas