Abstrak


Sistem Informasi Pemasangan dan Penutupan Sambungan Air Bersih pada Perusahaan Umum Daerah Air Minum Kabupaten Boyolali


Oleh :
Febriyanti Vitri Wulandari - D1515042 - Fak. ISIP

ABSTRAK

PDAM merupakan perusahaan daerah sebagai sarana penyedia air bersih yang diawasi oleh aparat-aparat eksekutif maupun legislatif daerah. Dalam pelayanannya terhadap pelanggan PUDAM Kabupaten Boyolali menggunakan sistem komputerisasi. Dari jenis-jenis pelayanan di PDAM Kabupaten Boyolali salah satu diantaranya adalah informasi tentang pelayanan yaitu sebagai berikut: melayani pemasangan sambungan dari pelanggan baru, melayani pengaduan mengenai gangguan jaringan atau saluran air, melayani penutupan sambungan air bersih, melayani sistem pembayaran yang meliputi pendaftaran pelanggan baru, biaya pemasangan dan penutupan sambungan.
Jenis pengamatan yang dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu pengamatan yang studi kasusunya mengarah pada pendiskripsian secara rinci dan mendalam mengenai potret kondisi tentang apa yang sebenarnya terjadi menurut apa adanya di lapangan.
Sistem informasi dalam pelayanan di PUDAM Kabupaten Boyolali tersebut berbasis aplikasi, dengan server yang dikelola dengan baik. Pendaftaran alur pemasangan dan penutupan sambungan air bersih di PUDAM dilakukan dengan baik. Pemasangan dimulai dari pendaftaran sampai degan pelayanan, pemasangan, dan pembayaran. Penutupan dibedakan menjadi dua karena permintaan pelanggan dan penertipan. Tujuan sistem komputerisasi PUDAM untuk meningkatkan efektifitas entry data processing, efisiensi penggunaan sumber daya manusia, serta lebih cepat dalam proses pengelolaan, baik pendaftaran, pembayaran, dan sebagainya. Sistem informasi belum didukung dengan aplikasi dengan server online, jangkauan belum luas dalam menjalankan pelayanan.
 
Kata Kunci : Pemasangan dan Penutupan, PUDAM Boyolali, Sistem Informasi