Abstrak


Pengelolaan Arsip Inaktif Berbasis Otomasi di Sub Bagian Tata Usaha RSUD Dr. Moewardi


Oleh :
Moundy Febrizky Prianto - D1515064 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Pengelolaan arsip inaktif berbasis otomasi yaitu kegiatan menggerakan orang lain untuk menyimpan segala sesuatu baik tulisan, gambar, maupun suara dengan menggunakan suatu sistem secara automasi dengan menggunakan perangkat lunak. Dalam kegiatan kearsipan dibutuhkan suatu sistem yang dapat mempermudah dalam penyimpanan dan pencarian arsip. Oleh karena itu kearsipan dengan otomasi sangatlah diperlukan oleh Sub Bagian Tata Usaha RSUD Dr. Moewardi.
Tujuan pengamatan ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan arsip inaktif berbasis otomasi di Sub Bagian Tata Usaha Rumah Sakit Umum Daerah Moewardi.
Jenis pengamatan dilakukan dengan pengamatan deskriptif kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara diantaranya dengan Kepala Sub Bagian Tata Usaha dan staf lainnya, observasi dan mengkaji dokumen serta arsip-arsip yang berkaitan dengan objek pengamatan.
Berdasarkan pembahasan maka didapatkan informasi mengenai pengelolaan arsip inaktif berbasis otomasi di Sub Bagian Tata Usaha RSUD Dr. Moewardi dilakukan dengan benar sesuai peraturan, undang-undang maupun prosedur yang berlaku, namun terdapat sedikit kendala diantaranya perbedaan penginputan data pada saat penciptaan arsip serta penyusutan yang masih dilakukan secara manual.  
Saran yang dapat penulis sampaikan yaitu masing-masing bagian atau sub bagian dapat menyamakan penginputan data, agar apabila ingin dicari atau ditemukan kembali dapat dilakukan dengan cepat dan mudah, serta penyusutan  arsip dilakukan secara otomatis.

Kata kunci : Pengelolaan, Arsip, Otomasi