Abstrak


Komunikasi Pemasaran pada ‘Alternative Leather Shop’ di Yogyakarta melalui Media Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Pemasaran melalui Aktivitas Sosial Media Instagram Alternative Leather Shop (ar.t_goodcustom))


Oleh :
Roy Berton Maruba Sitorus - D1215049 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Perkembangan teknologi internet saat ini telah membawa dampak yang besar bagi masyarakat luas, dan dalam perkembangannya juga saat ini telah menjadikan salah satu produk dari perkembangan internet seperti instagram sebagai jawaban atas pencarian mereka akan hal-hal pemenuhan kebutuhan masyarakat. Hal inilah yang menjadikan Alternative Leather Shop menggunakan instagram untuk menjawab serta memenuhi kebutuhan setiap konsumen yang mencari serta membutuhkan ataupun menjadikan leather goods sebagai salah satu gaya hidup mereka. Adanya kesesuaian fasilitas yang disediakan instagram dalam mengunggah foto dan vidio, menjadi alasan lainnya Alternative Leather Shop memilih instagram sebagai sarana komunikasi pemasarannya dalam aktivitas-aktivitas pada unggahannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi komunikasi pemasaran yang dilakukan Alternative Leather Shop melalui aktivitas-aktivitas sosial media instagram yang digunakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan studi deskriptif kualitatif.
Aktivitas-aktivitas yang telah dilakukan oleh Alternative Leather Shop pada media sosial instagramnya merupakan komnikasi pemasaran yang telah dilakukan dengan baik oleh Alternative Leather Shop, dengan menggunakan konsep yang telah dimilik untuk menarik perhatian konsumen. Dalam komunikasi pemasaran yang dilakukan menggunakan bauran komunikasi pemasaran yang telah digabungkan dengan konsep komunikasi, produk dihubungkan dengan costumer cost, harga dihubungkan dengan costumer solution, tempat dihubungkan dengan convenience, dan promosi dihubungkan dengan communication.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah in depth interview dimana guna mendapatkan data yang diinginkan penulis menggunakan teknik purposive sampling, yaitu sebanyak 2 orang admin yang juga merupakan CEO serta Marketing pada Alternative Leather Shop. Hasil pada penelitian dan pembahasan diketahui bahwa product yang dihasilkan Alternative Leather Shop memiliki kualitas serta kesesuaian akan produk yang dipasarkan dengan produk asli, dan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pasar leather goods. Price telah disesuaikan dengan harga pada pasaran, dan fleksibel sesuai dengan budget dari pada konsumen. Pada place dengan memanfaatkan hastag untuk menyebarkan informasi Alternative Leather Shop. Promotion dilakukan untuk memotivasi konsumen dan calon konsumen dalam melakukan pembelian dengan sekala besar. Hanya saja Alternative Leather Shop masih jarang menggunakan promosi pada komunikasi pemasaran di instagramnya.

Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Alternative Leather Shop, aktivitas, instagram.