Abstrak


Mekanisme Pengembangan Sumber Daya Manusia pada PT Garudafood Putra Putri Jaya Gresik


Oleh :
Windi Ismaya Putri - D1515106 - Fak. ISIP

ABSTRAK

PT Garudafood Putra Putri Jaya Gresik merupakan salah satu perusahaan  industry yang bergerak dibidang industri pangan, yang memiliki ribuan sumber daya manusia sehingga sangat sesuai sebagai tempat untuk belajar mengenai pengembangan SDM.  Perusahaan yang memiliki sumber daya manusia dengan kinerja yang optimal, perlu menerapkan mekanisme yang sesuai dengan tujuan yang sudah ditetapkan. Mekanisme yaitu pandangan bahwa suatu interaksi bagian-bagian dengan bagian-bagian yang lainnya dalam suatu keseluruhan atau  sistem secara tanpa disengaja menghasilkan kegiatan atau fungsi-fungsi sesuai  dengan tujuannya. Tujuan pengamatan ini adalah untuk mengetahui mekanisme pengembangan sumber daya manusia yang diterapkan pada PT. Garudafood Putra Putri Jaya Gresik.
Jenis pengamatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif yaitu dengan pengamatan observasi berperan aktif. Teknik pengumpulan  data yang digunakan penulis yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil pengamatan pada PT. Garudafood Putra Putri jaya Gresik, Mekanisme pengembangan SDM yang diterapkan meliputi perekrutan karyawan sebagai tahap awalnya, kemudian pengawasan (monitoring) perbuatan dan kinerja karyawan, penilaian kinerja, hingga mendapatkan hasil/gap berupa kelemahan dan kelebihan masing-masing karyawan, setelah itu akan dilanjutkan ke tahap IDP (Individual Development Plan) yang terdapat tiga cara untuk mengembangkan karyawan yaitu coaching, counseling, dan training, yang terakhir yaitu diperolah hasil (outcome) berupa prestasi atau keahlian karyawan yang meningkat ataukah menurun. Saran yang dapat penulis berikan adalah perusahaan diharapkan dapat membuat sistem pelatihannya menjadi lebih menarik, tidak hanya dengan metode ceramah dan teori, namun dapat dimasukkan beberapa video menarik terkait materi yang akan disampaikan saat pelatihan, yang dapat mengedukasi langsung secara nyata.

Kata kunci: Mekanisme, Pengembangan, Sumber daya Manusia.