Abstrak


Pengelolaan Arsip Induk Langganan (AIL) Dinamis Aktif di PT PLN (PERSERO) Rayon Boyolali


Oleh :
Yunita Ayuningtyas - D1515113 - Fak. ISIP

ABSTRAK

PT PLN (Persero) Rayon Boyolali dipimpin oleh seorang manajer. Seorang manajer tersebut dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari harus dibantu oleh beberapa staf lainnya. Staf-staf tersebut akan melaksanakan tugasnya sesuai dengan bidangnya, salah satunya pada bidang pengelolaan arsip induk langganan dinamis aktif. Pada bidang ini staf harus mengelola data pelanggan yang ada di perusahaan untuk diarsipkan. Pengelolaan arsip induk langganan adalah proses pengendalian arsip induk langganan yang dilakukan secara efektif dan seefisien mungkin agar dapat memudahkan penemuan kembali arsip induk langganan. Dengan ini penulis mempunyai tujuan pengamatan yaitu untuk mengetahui pengelolaan arsip induk langganan (AIL) dinamis aktif di PT PLN (Persero) Rayon Boyolali.
Dalam pengamatan ini penulis menggunakan metode pengamatan deskriptif kualitatif yaitu studi kasusnya mengarah pada pendeskripsian secara rinci tentang apa yang sebenarnya terjadi sesuai yang ada di lapangan yaitu pengelolaan arsip induk langganan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara melakukan wawancara, observasi, pengumpulan dokumen, dan studi pustaka.  
Dari hasil pengamatan penulis, dapat mengambil kesimpulan bahwa pengelolaan arsip induk langganan dinamis aktif di PT PLN (Persero) Rayon Boyolali telah terlaksana dengan baik, lancar, dan sesuai dengan peraturan yang ada di perusahaan. Yaitu dengan menggunakan aplikasi arsip induk langganan (AAEL), sehingga lebih mudah dalam pencatatan, penyimpanan, serta penemuan kembali arsip induk langganan. Pengelolaan arsip induk langganan dinamis aktif di PT PLN (Persero) Rayon Boyolali yaitu terdiri atas penciptaan arsip induk langganan, pemberian indeks atau klasifikasi dan pencatatan arsip induk langganan, pemeriksaan arsip induk langganan, penyimpanan arsip induk langganan, penyusutan arsip induk langganan, sampai penjagaan atau pemeliharaan arsip induk langganan.

Kata Kunci: Pengelolaan Arsip Induk Langganan Dinamis Aktif