Abstrak


Studi Karakteristik Fasilitas Parkir di Kantor Balaikota Surakarta.


Oleh :
Hananta Aji Pramudya - I0113056 - Fak. Teknik

Abstrak

Luas lahan parkir yang tidak sebanding dengan jumlah volume kendaraan yang ada di dalam kawasan kantor Balaikota Surakarta akan mengganggu ketertiban dan kenyamanan para pengguna parkir yang berada di Kantor Balaikota Surakarta. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui data jumlah ruang parkir, medapatkan karakteristik penggunaan parkir dan merekomendasikan manajemen pengaturan ruang parkir di Balaikota Surakarta. Adanya evaluasi ini diharapkan memberikan suatu alternatif pemecahan masalah terhadap permasalahan parkir di wilayah Kantor Balaikota Surakarta.

Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap. Penelitian tahap pertama berupa pengukuran lahan parkir (inventarisasi ruang parkir) yang terdapat di wilayah Kantor Balaikota Surakarta. Metode survai dilakukan dengan metode inventarisasi ruang parkir dan kebutuhan ruang parkir, survai kebutuhan ruang parkir dilakukan dengan dua cara yaitu survei patroli dan cordon. Penelitian tahap ke dua berupa menghitung kebutuhan ruang parkir untuk memperoleh karakteristik kendaraan yang memasuki area parkiran. Penelitian tahap kedua ini dilakukan pada Hari Rabu dan Kamis. Selanjutnya, data hasil inventarisasi ruang parkir dan data hasil kebutuhan ruang parkir di evaluasi untuk mengetahui kebutuhan  luas lahan parkir dan jumlah kendaraan yang menggunakan lahan parkir Kantor Balaikota Surakarta.

Hasil penelitian menunjukan bahwa, akumulasi parkir maksimal untuk sepeda motor 798 kendaraan, sedangkan mobil 289 kendaraan, volume parkir sepeda motor 2550 kendaraan/hari dan 644 mobil kendaraan/hari, durasi parkir sepeda motor rata-rata 1,56 jam sedangkan mobil 2,57 jam, tingkat pergantian parkir untuk sepeda motor 3,38 kend./Petak  sedangkan mobil 3,38 kend./Petak, Indeks parkir maksimal untuk sepeda motor 105,70%, terjadi pada jam 10.30 - 10.45 WIB dan mobil sebesar 152.11% terjadi pada jam 15.45 - 16.00 WIB. Pengendara  yang menggunakan lahan parkir kurang dari 5 menit atau untuk mengantar sebanyak 260 kendaraan. Untuk itu ruang parkir Kantor Balaikota Surakarta walaupun jumlah SRP yang tersedia lebih besar akumulasi parkirnya, Realita di lapangan ruang parkir relatif cukup, karena masih banyak kendaraan yang masuk untuk mengantar (tidak melakukan parkir). Sehingga di rekomendasikan pengaturan parkirnya dengan penambahan petugas yang mengawasi parkiran sehingga parkiran tertata dengan rapi tanpa adanya kendaraan parkir sembarangan yang dapat menghambat sirkulasi kendaraan lain, terutama pada parkir sepeda motor.

 

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin;} </style> <![endif]-->