Abstrak


Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray Dan Numbered Heads Together Disertai Tutor Sebaya Pada Materi Termokimia Terhadap Prestasi Dengan Memperhatikan Kemampuan Matematis Siswa Kelas Xi Ipa Di Sma Negeri 3 Boyolali Tahun Ajaran 2015/2016


Oleh :
Ery Fendy Yuliansyah - K3311026 - Fak. KIP

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pembelajaran NHT disertai Tutor Sebaya dan TSTS terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Termokimia; (2) pengaruh kemampuan matematis terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Termokimia; dan (3) interaksi antara pembelajaran NHT dimodifikasi Tutor Sebaya dan TSTS dengan kemampuan matematis terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Termokimia. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2×2. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 5 dan XI IPA 2 SMA Negeri 3 Boyolali tahun pelajaran 2015/2016 yang diambil dengan teknik cluster random sampling.
Teknik pengumpulan data menggunakan: (1) dokumentasi nilai ulangan harian Hidrokarbon kelas XI IPA SMA Negeri 3 Boyolali tahun pelajaran 2015/2016; (2) instrumen tes untuk mengukur kemampuan matematis dan prestasi belajar kognitif; (3) angket untuk mengukur prestasi belajar afektif; (4) observasi untuk mengukur prestasi belajar afektif dan psikomotor. Analisis data untuk uji statistik parametrik Two-Way ANOVA digunakan pada hipotesis pertama prestasi belajar kognitif dan afektif, hipotesis kedua prestasi belajar kognitif dan afektif, serta hipotesis ketiga prestasi belajar kognitif dan afektif. Sedangkan analisis data untuk uji statistik nonparametrik Kruskal Wallis digunakan pada pengujian hipotesis pertama prestasi belajar psikomotor, hipotesis kedua prestasi belajar psikomotor, serta hipotesis ketiga prestasi belajar psikomotor.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh pembelajaran NHT disertai Tutor Sebaya dan TSTS terhadap prestasi belajar kognitif, tetapi tidak terdapat pengaruh pembelajaran terhadap prestasi belajar ranah afektif dan psikomotor pada materi pokok Termokimia. Berdasarkan rata-rata nilai prestasi belajar ranah kognitif, siswa yang menerima pembelajaran NHT disertai Tutor Sebaya (70,13) menghasilkan prestasi belajar kognitif yang lebih baik daripada siswa yang menerima pembelajaran TSTS (63,75).; (2) Tidak terdapat pengaruh kemampuan matematis tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotor pada materi pokok Termokimia; dan (3) Terdapat interaksi pembelajaran NHT disertai Tutor Sebaya dan TSTS dengan kemampuan matematis terhadap prestasi belajar afektif pada materi pokok Termokimia. tetapi tidak terdapat interaksi ranah kognitif dan psikomotor.
Kata Kunci: TSTS, NHT, Tutor Sebaya, Kemampuan Matematis, Prestasi Belajar.