Abstrak


Aplikasi Augmented Reality Kultur Jaringan Tanaman Anggrek Pada Tahap Sterilisasi, Pembuatan Media Dan Inisiasi


Oleh :
Pratiwi Winastuti - M3115108 - Fak. MIPA

Kultur jaringan (Tissue Culture) merupakan teknik perbayakan tanaman dengan menggunakan bagian vegetatif tanaman menggunakan media buatan yang dilakukan di tempat steril. Secara garis besar, tahapan dalam kutur jaringan terbagi menjadi 6 yaitu, Sterilisasi, Pembuatan media, Inisiasi, Multiplikasi, Pengakaran dan Aklimatisasi.

Mahasiswa Program Studi Biologi di Universitas Sebelas Maret Surakarta akan mendapat mata kuliah Kultur Jaringan disemester 4. Teori tentang kultur jaringan disampaikan oleh dosen saat tatap muka di ruang kelas dan praktikum kultur jaringan dilaksanakan di laboratorium.

Pembuatan aplikasi Augmented Reality (AR) Kultur Jaringan menggunakan berbagai software yaitu Unity3D untuk membangun aplikasi AR, Vuforia Develper untuk mengubah gambar menjadi ImageTarget, Vuforia SDK untuk mendapatkan ImageTarget dan ARCamera, Blender untuk membuat objek 3D dan animasi, dan CorelDraw untuk membuat marker dan user interface.

Aplikasi Augmented Reality ini dimaksudkan sebagai media pendamping praktikum Kultur Jaringan pada Tanaman Anggrek. Materi praktikum disampaikan melalui video penjelasan   dari asisten laboratorium sebelum praktikum dimulai, yang terkadang ada beberapa hal  yang terlewat  oleh mahasiswa.  Aplikasi  ini membutuhkan gawai Android untuk menampilkan objek 3D berupa langkah- langkah praktikum dengan animasi yang disertai keterangan objek dan materi.