Abstrak


Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together (LT) Dikombinasikan Dengan Drill And Practice Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Larutan Penyangga Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017


Oleh :
Nur Latifah Ayu Kurniawati - K3313052 - Fak. KIP

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) sikap ilmiah siswa pada materi pokok larutan penyangga kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Sukoharjo dengan menerapkan model pembelajaran Learning Together (LT) dikombinasikan dengan drill and practice(2) hasil belajar siswa pada materi pokok larutan penyangga kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Sukoharjo dengan menerapkan model pembelajaran Learning Together (LT) dikombinasikan dengan drill and practice.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tahap tindakan, tahappelaksanaan, dan tahap refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 3 SMA N 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017. Sumber data penelitian berasal dari siswa dan guru. Teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes. Teknik tes berupa tes aspek pengetahuan. Teknik non tes berupa observasi aspek sikap dan sikap ilmiah serta angket penilaian diri aspek sikap dan sikap ilmiah. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran Learning Together dikombinasikan dengan drill and practicedapat meningkatkansikap ilmiah siswa pada materi larutan penyangga kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017. Tingkat ketercapaian kriteria sikap ilmiah sebesar 44,11?n terjadi peningkatan pada siklus I menjadi 67,65?n siklus II sebesar 85,29%; (2) model pembelajaran Learning Together dikombinasikan dengan drill and practicedapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017. Tingkat ketercapaian hasil belajar siswa sebesar 50% pada siklus I dan menjadi 85,29% pada siklus II.
Kata Kunci : Learning Together, drill and practice,sikap ilmiah, hasil belajar, larutan penyangga