Abstrak


Upaya Peningkatan Kemampuan Memori Dan Prestasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Dilengkapi Media LKS Berbasis Drill And Practice (Pembelajaran Kimia Pada Materi Hidrokarbon Kelas X Di SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2016/2017)


Oleh :
Yuni Hidayani - K3313077 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) kemampuan memori siswa kelas X SMA N Kebakkramat pada materi hidrokarbon dengan model pembelajaran TAI dilengkapi LKS berbasis drill and practice, dan (2) prestasi belajar siswa kelas X SMA N Kebakkramat pada materi hidrokarbon dengan model pembelajaran TAI dilengkapi LKS berbasis drill and practice.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-2 SMA N Kebakkramat tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kajian dokumen, angket dan tes. Instrumen penilaian pada aspek kognitif yaitu tes objektif. Tes yang digunakan dalam penilaian kemampuan memori adalah soal tes yang berupa pencocokan pasangan kata senyawa hidrokarbon. Instrumen yang digunakan untuk mengukur aspek afektif yaitu berupa angket penilaian diri. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran TAI dilengkapi dengan LKS berbasis drill and practice dapat meningkatkan kemampuan memori siswa kelas X-2 SMA N Kebakkramat pada materi hidrokarbon tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan memori siswa pada siklus I sebesar 38,89% meningkat menjadi 63,89% pada siklus II, (2) Penerapan model pembelajaran TAI dilengkapi dengan LKS berbasis drill and practice dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X-2 SMA N Kebakkramat pada materi hidrokarbon tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan aspek kognitif siswa sebesar 44,44% pada siklus I dan meningkat menjadi 75% pada siklus II, sedangkan pada aspek afektif siswa menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dari 72,22% pada siklus I meningkat menjadi 89,11% pada siklus II.

Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, TAI, LKS berbasis drill and practice,Kemampuan Memori, Prestasi Belajar, Hidrokarbon