Abstrak


Aspek-Aspek Stilistika dan Nilai Pendidikan Karakter pada Buku Kumpulan Puisi Nyanyian Akar Rumput Karya Wiji Thukul serta Relevansinya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas


Oleh :
Lysa Natalia Dewi - K1212044 - Fak. KIP

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan tentang: (1) Penggunaan gaya bahasa; (2) Penggunaan diksi; (3) Penggunaan citraan; dan (4) Nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam buku kumpulan puisi Nyanyian Akar Rumput; serta (5) Relevansi buku kumpulan puisi Nyanyian Akar Rumput dengan pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas.

Penelitian ini berbentuk deskripstif kualitatif dan dengan menggunakan pendekatan stilistika dan metode analisis isi. Sumber data adalah buku kumpulan puisi Nyanyian Akar Rumput karya Wiji Thukul. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka dan teknik wawancara. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Uji validitas yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian yang dilakukan yaitu pengumpulan data, penyeleksian data, menganalisis data yang telah diseleksi, dan membuat laporan penelitian.

Simpulan dari hasil penelitian ini adalah: (1) Total penggunaan gaya bahasa permajasan adalah sebanyak 162 data dari 26 gaya bahasa permajasan. Data yang paling banyak digunakan adalah gaya bahasa permajasan asonansi yaitu sebanyak 32 data atau 19.8%; (2) Total penggunaan diksi adalah sebanyak 25 data dari 4 diksi. Data yang paling banyak digunakan adalah kolokasi hiponim yaitu sebanyak 10 data atau 40%; (3) Total penggunaan citraan adalah sebanyak 66 data dari 5 citraan. Data yang paling banyak digunakan adalah citraan penglihatan yaitu sebanyak 36 data atau 55%; (4) Total penggunaan nilai pendidikan karakter adalah sebanyak 28 data dari 13 nilai pendidikan karakter. Data yang paling banyak ditemukan adalah nilai pendidikan karakter jujur yaitu sebanyak 9 data atau 32%; (5) Buku kumpulan puisi Nyanyian Akar Rumput relevan dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Sesuai dengan kebahasaannya, Wiji Thukul menggunakan pilihan kata yang sederhana, tidak mengandung SARA dan unsur pornografi. Puisi-puisi tersebut juga sesuai dengan kondisi psikologis siswa, karena dengan membaca puisi-puisi tersebut siswa mendapatkan teladan tentang nilai pendidikan karakter toleransi, jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli sosial, dan tanggung jawab. Secara tidak langsung memberikan pengaruh positif bagi para siswa untuk lebih meningkatkan kualitasnya dalam berpartisipasi pada negara.

Kata kunci: gaya bahasa, nilai pendidikan karakter, buku kumpulan puisi Nyanyian Akar Rumput, pembelajaran bahasa Indonesia.