Abstrak


Pengaruh Metode Picture And Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Bina Diri dalam Materi Keterampilan Memakai Sepatu Siswa Tunagrahita Kelas II SDLB di Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018


Oleh :
Dwita Riana Prabawati - K5114016 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui pengaruh metode picture and picture untuk meningkatkan kemampuan  bina diri dalam materi keterampilan memakai sepatu siswa tunagrahita kelas II SDLB di Surakarta tahun ajaran 2017/2018.

Penelitian ini menggunakan metode experimental dengan desain one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah sepuluh siswa tunagrahita dan  berasal dari dua sekolah yang terdiri dari lima siswa kelas II SLB C Setya Dharma Surakarta dan lima siswa kelas II C SLB Negeri Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan tes perbuatan. Uji validitas yang digunakan adalah validitas isi, sedangkan reliabilitasnya menggunakan Inter-rater reliability dengan kesepakatan Kohen Kappa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis non-parametrik yaitu Wilcoxon Signed Rank Test (Tes Rangking Bertanda Wilcoxon) dengan menggunakan program SPSS versi 24.

Hasil analisis deskriptif data diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 81,9 lebih tinggi daripada nilai rata-rata pretest sebesar 55,4. Hasil analisis non-parametrik diperoleh nilai Z hitung = -2.805 dengan Asymp.Sig (2-tailed) = 0,005 pada taraf signifikansi (?) 5%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah metode picture and picture berpengaruh positif untuk meningkatkan kemampuan bina diri dalam materi keterampilan memakai sepatu siswa kelas II SDLB di Surakarta tahun ajaran 2017/2018.