Abstrak


Analisis Kesantunan Berbahasa Kolom Cari Angin Koran Tempo dan Relevansinya sebagai Materi Ajar Menulis Esai di Sekolah Menengah Atas


Oleh :
Thomas Elisa - K1214058 - Fak. KIP

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan kesantunan berbahasa pada kolom Cari Angin Koran Tempo, dan relevansinya sebagai materi ajar menulis esai di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif yang dilakukan pada kolom Cari Angin Koran Tempo edisi Maret 2016 sampai dengan Juni 2017. Subjek penelitian adalah kolom Cari Angin Koran Tempo edisi Maret 2016 samapai dengan Juni 2017.  Data diperoleh dalam penelitian ini data kualitatif. Sampel penelitian yang digunakan adalah sampel cuplikan atau purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis dokumen. Uji validitas data menggunakan trianggulasi teori. Analisis data menggunakan teknik analisis pragmatik. Prosedur penelitian menggunakan tiga prosedur utama yaitu tahap pra penelitian, pelaksanaan penelitian, dan tahap penyusunan laporan penelitian.

Berdasarkan  penelitian  yang telah  dilakukan  dapat  diambil  kesimpulan sebagai berikut: 1.  Unsur  Kesantunan  Berbahasa  Kolom  Cari  Angin  Koran Tempo,   terdapat  tiga  unsur   kesantunan   berbahasa   yaitu:   (a)   Maksim Kebijaksanaan, (b) Maksim kesimpatisan, (c) Maksim Kerendahan hati.  2.  Unsur kesantunan pada kolom Cari Angin tersebut, dipengaruhi oleh faktor Partisipan, yaitu posisi tokoh dalam Kolom Cari Angin yang ditandai oleh pemakaian kata sapaan Romo, dan kata sapaan saya. Kata sapaan Romo mengandung artian kedudukan tokoh tersebut lebih tinggi dibandingkan tokoh lainnya yaitu tokoh saya. 3.   Kolom Cari Angin Koran Tempo, dapat direlevansikan sebagai materi ajar dengan beberapa faktor pendukung yaitu : (a) Kesantunan berbahasa pada esai tersebut tergolong baik (b) Metode penulisan esai yang menggunakan teknik bercerita merupakan keunggulan dalam esai tersebut (c) Bahasa yang digunakan mudah dipahami (d) Keberpihakan penulis tergolong netral (e) muatan nilai pendidikan karakter di dalamnya.

Kata kunci: Kolom Cari Angin Koran Tempo, kesantunan berbahasa, kedudukan tokoh, dan relevansi materi ajar menulis esai