Abstrak


Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keuntungan Pedagang di Pasar Triwindu Surakarta


Oleh :
Risky Septiana - F0113079 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui dan menganalisis variabel modal, lama usaha, jam kerja dan jumlah karyawan terhadap keuntungan yang didapat para pedagang pasar Triwindu serta untuk mengetahui dari keempat variabel tersebut manakah yang berpengaruh secara dominan terhadap keuntungan. Adapun yang melatarbelakangi penulisan ini adalah bagaimana pekerjaan dari sektor informal dapat memenuhi kebutuhan hidup secara penuh sebagian masyarakat Surakarta. Sektor informal adalah unit usaha yang diciptakan oleh masyarakat sebagai sarana untuk mencukupi kebutuhan hidup yang dirasakan mereka sulit.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan wawancara  dan membagikan kuesioner terhadap 109 responden pedagang di Pasar Triwindu Surakarta. Penelitian ini menggunaan alat analisis regresi linier berganda, uji hipotesis parsial (uji t), uji hipotesis secara silmultan (uji F) dan koefisien determinasi pada level signficance 5%.
Hasil uji F menunjukkan bahwa nilai modal, lama usaha, jam kerja dan jumlah karyawan berpengaruh positif dan signifikansi terhadap keuntungan pedagang pasar secara serempak. Hasil  uji t menunjukkan bahwa nilai modal, lama usaha dan jumlah karyawan mempunyi pengaruh secara signifikan  terhadap besarnya keuntungan. Sedangkan variabl jam kerja tidak mempunyai pengaruh yang signifikan namun memiliki koefisien regresi yang positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang paling dominan terhadap keuntungan adalah modal.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, bagi pedagang di pasar Triwindu yang memiliki keuntungan tinggi diharapkan dapat mempertahankan tingkat penjualan yang telah dicapai. Sedangkan bagi pedagang yang pendapatannya rendah diharapkan dapat memperbanyak barang dagangan.

Kata Kunci:Pasar Tradisional, Sektor Informal, barang antik, komoditas