Abstrak


Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Investasi Asing di Indonesia Tahun 2001-2015


Oleh :
Tri Utami - F0112094 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi investasi asing di Indonesia Tahun 2001-2015. Penelitian ini menggunakan investasi asing sebagai variabel dependen, produk domestik bruto (PDB), indeks harga saham gabungan (IHSG) dan jumlah penduduk (JP) sebagai variabel independen. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu data runtun waktu (time series) dalam kurun waktu 2001-2015 dan dianalisa menggunakan metode Error Correction Model (ECM).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel produk domestik bruto (PDB) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel investasi asing di Indonesia baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Variabel indeks harga saham gabungan (IHSG) tidak berpengaruh terhadap variabel investasi asing di Indonesia dalan jangka pendek, sementara dalam jangka panjang variabel indeks harga saham gabungan (IHSG) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap variabel investasi asing di Indonesia. Variabel jumlah penduduk berpengaruh negatif dan signifikan terhadap investasi asing di Indonesia baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
Implikasi dari penelitian ini adalah Pemerintah Indonesia perlu menjaga kestabilan produk domestik bruto (PDB) karena berdasarkan hasil penelitian PDB mempunyai pengaruh yang positif terhadap besar kecilnya investasi asing di Indonesia. Perlu diadakan pemerataan investasi asing di wilayah-wilayah Indonesia. Bagi peneliti yang akan melakukan penelitian serupa diharapkan untuk memperbanyak jumlah observasi penelitian dengan menggunakan periode waktu penelitian yang lebih panjang atau menggunakan data penelitian dalam bentuk bulanan maupun tahunan.

Kata kunci : investasi asing, PDB, IHSG, jumlah penduduk