Abstrak


Pengaruh Penempatan Pegawai Dan Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Pegawai di Dinas Kebudayaan Kota Surakarta


Oleh :
Siti Aimmatul Latifah - K7514055 - Fak. KIP

Tujuan dari penelitian ini adalah:  (1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penempatan pegawai terhadap motivasi kerja pegawai Dinas Kebudayaan Kota Surakarta. (2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh lingkungan kerja terhadap motivasi kerja pegawai Dinas Kebudayaan Kota Surakarta. (3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penempatan pegawai dan lingkungan kerja secara bersama-sama terhadap motivasi kerja pegawai Dinas Kebudayaan Kota Surakarta.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional. Populasinya adalah seluruh pegawai Dinas Kebudayaan Kota Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Sampel diambil menggunakan teknik sampling jenuh dengan sampel seluruh pegawai Dinas Kebudayaan Kota Surakarta yang berjumlah 65 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuesioner dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F.
Berdasarkan hasil penelitian simpulan yang dapat dikemukakan ialah:  (1)terdapat pengaruh positif dan signifikan penempatan pegawai terhadap motivasi kerja pegawai di Dinas Kebudayaan Kota Surakarta. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel atau 2,029>1,670. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan kerja terhadap motivasi kerja pegawai di Dinas Kebudayaan Kota Surakarta. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel atau 4,683>1,670. (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan penempatan pegawai dan lingkungan kerja secara bersama-sama terhadap motivasi kerja pegawai di Dinas Kebudayaan Kota Surakarta. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel atau 157,142 > 3,15.