Abstrak


Strategi Bersaing Agrowisata Jambu Merah Ngargoyoso di Kabupaten Karanganyar


Oleh :
Dian Ayu Safitri - H0813045 - Fak. Pertanian

ABSTRAK

Kabupaten Karanganyar memiliki berbagai macam tempat wisata. Tidak mengherankan jika persaingan antar obyek wisata di Kabupaen Karanganyar sangat tinggi. Agrowisata Jambu Merah  Ngargoyoso adalah suatu agrowisata di Kabupaten Karanganyar yang berkembang dari kegiatan budidaya jambu merah. Terdapat beberapa agrowisata yang merupakan pesaing Agrowisata Jambu Merah Ngargoyoso. Dalam menjalankan usaha, Agrowisata Jambu Merah Ngargoyoso memerlukan strategi bersaing agar usaha yang dijalankan dapat berhasil bertahan ditengah arus persaingan yang ada. Hal ini yang mendorong peneliti untuk mengkaji lebih dalam mengenai strategi bersaing yang dapat diterapkan pada Agrowisata Jambu Merah Ngargoyoso.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penentu keberhasilan, mengetahui posisi bersaing Agrowisata Jambu Merah Ngargoyoso dibandingkan pesaingnya, dan merumuskan alternatif strategi yang dapat diterapkan pada Agrowisata Jambu Merah Ngargoyoso.
Metode dasar penelitian ini adalah deskriptif analitik dan menggunakan teknik studi kasus. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) yaitu di Agrowisata Jambu Merah Ngargoyoso. Penentuan informan kunci secara sengaja (purposive), yaitu pemilik agrowisata, ketua pengelola agrowisata, custumer service, staff pemasaran dan staff humas. Metode analisis data menggunakan CPM (Competitive Profile Matrix). Jenis data yang digunakan adalah data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan pencatatan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa faktor penentu keberhasilan agrowisata meliputi kebersihan, kenyamanan, pelayanan, fasilitas, keamanan, kemenarikan kegiatan, keragaman kegiatan, kesesuaian harga, keterjangkauan harga dan kemudahan akses transportasi. Hasil analisis CPM menunjukkan Agrowisata Jambu Merah Ngargoyoso atau Agrowisata A (2,4556) menempati posisi kedua dibandingkan dengan pesaingnya yaitu Agrowisata B (1,9630), Agrowisata C (2,1796) dan Agrowisata D(3,4019). Alternatif strategi bersaing yang dapat dirumuskan untuk Agrowisata Jambu Merah Ngargoyoso adalah sebagai berikut: Melakukan perbaikan kualitas pelayanan, keamanan, menambah keragaman kegiatan, serta menambah fasilitas agrowisata, meningkatkan promosi melalui media sosial instagram, facebook, twitter dan website) serta promosi ke sekolah-sekolah dan kantor, memberikan papan petunjuk jalan dari jalan raya Pasar Kemuning sampai lokasi untuk mempermudah pengunjung menemukan Agrowisata Jambu Merah Ngargoyoso.