Abstrak


Gambaran Implementasi Safety Check Machine untuk Mencegah Kecelakaan Kerja di PT. Denso Indonesia Fajar Plant Cikarang Barat, Bekasi


Oleh :
Dian Septiyani - R0015027 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK

Latar Belakang : PT. Denso Indonesia Fajar Plant merupakan perusahaan padat modal dan padat teknologi. Tahun 2018 banyak mesin baru dan mesin modifikasi untuk menunjang proses produksi memiliki risiko yang dapat menyebabkan kecelakaan kerja. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan Safety Check Machine untuk mencegah kecelakaan kerja yang diakibatkan oleh mesin.
Metode : Jenis penelitian ini adalah observasional dengan metode deskriptif, yaitu penelitian yang menggambarkan pelaksanaan Safety Check Machine. Teknik pengumpulan data mengenai Safety Check Machine dilakukan melalui observasi langsung ke lapangan, wawancara dengan production engineering dan machinery, dokumentasi dan studi kepustakaan.
Hasil : Perusahaan telah menerapkan Safety Check Machine. Ditemukan pada bagian cover mesin masih terdapat celah lebih dari 6 mm, bagian cover belum terdapat baut, ujung dari cover belum terdapat cap pada sus frame dan safety device photoelectric belum menjangkau semua area. Temuan Safety Check Machine dievaluasi dan dilaporkan ke bagian production engineering serta machinery untuk dilakukan perbaikan.
Simpulan : Perusahaan telah menerapkan Safety Check Machine dan telah melakukan upaya pengendalian dengan memperbaiki cover agar tidak melebihi 6 mm, memasang baut, memasang cap pada sus frame, dan memindah posisi safety device photoelectric agar menjangkau seluruh area. Hasil evaluasi temuan Safety Check Machine terhadap tindakan perbaikan telah berhasil menurunkan tingkat risiko kecelakaan.

Kata Kunci : Safety Check Machine, Potensi Bahaya, Kecelakaan Kerja