Abstrak


Identifikasi Pengaruh Sektor Ekonomi Unggulan dan Penyerapan Tenaga Kerja sebagai Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi di Wilayah Eks-Karesidenan Pati


Oleh :
Rahma Nindita Zuhara - F0114072 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan guna mengidentifikasi pertumbuhan sektor ekonomi dan kesempatan kerja yang ada di wilayah eks-Karesidenan Pati. Dalam penelitian ini alat analisis yang digunakan ialah Location Qoutient (LQ), Shift-Share Klasik, Shift-Share Esteban-Marquillas, Tipologi Klassen, dan Angka Pengganda Basis Kesempatan Kerja.
Penelitian dengan alat analisis LQ terhadap PDRB menunjukkan bahwa sektor Jasa Pendidikan dan sektor Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial merupakan sektor basis di kelima kabupaten yang tergabung dalam wilayah eks-Karesidenan Pati. Alat analisis Shift Share Klasik menunjukkan bahwa sektor Informasi dan Komunikasi merupakan sektor yang memiliki produktivitas tinggi di keseluruhan wilayah eks-Karesidenan Pati. Di sisi lain, Shift Share Esteban Marquillas menunjukkan bahwa sektor yang sama-sama memiliki produktivitas tinggi di kelima kabupaten tersebut ialah sektor Jasa Pendidikan. Tipologi Klassen menunjukan bahwa terdapat perbedaan sektor maju di masing-masing kabupaten.
Penelitian dengan alat analisis LQ terhadap kesempatan kerja menunjukkan bahwa sektor basis dari kelima kabupaten tersebut berbeda-beda. Sebaliknya, terdapat dua sektor yang sama-sama memiliki produktivitas tinggi di kelima kabupaten tersebut apabila dihitung dengan Shift Share Klasik, yakni sektor Konstruksi dan Perdagangan. Sedangkan perhitungan dengan Shift Share Esteban-Marquillas menunjukkan bahwa ada sektor lain yang memiliki produktivitas tinggi, yakni sektor Jasa. Alat analisis angka pengganda basis kesempatan kerja yang dipergunakan untuk melihat rasio sektor basis dan non basis menunjukkan angka yang berbeda di masing-masing wilayah.

Kata Kunci: eks-Karesidenan Pati, Sektor Ekonomi, Tenaga Kerja, LQ, Shift Share, Tipologi Klassen, Pengganda Basis Kesempatan Kerja