Abstrak


Kompetensi, Independensi dan Motivasi sebagai Determinan Kinerja Auditor Internal Pemerintah (Studi Empiris pada Kantor Inspektorat Kabupaten Klaten)


Oleh :
Lisa Agustina - F0314055 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK
Studi ini bermaksud untuk menguji dan menemukan bukti empiris tentang pengaruh kompetensi, independensi, dan motivasi terhadap kinerja auditor internal pemerintah. Sampel penelitian ini adalah auditor internal dengan Jabatan Fungsional Auditor (JFA) serta Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintah di Daerah (P2UPD) pada Inspektorat Kabupaten Klaten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan seluruh populasi auditor internal yang berjumlah 40 orang. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah sensus dengan metode analisis regresi berganda.
Hasil dari studi ini membuktikan bahwa kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja auditor, independensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja auditor, serta motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja auditor. Hasil studi ini juga dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi pemangku kepentingan untuk memberikan pelatihan kepada auditor dalam rangka meningkatkan kompetensi auditor Inspektorat sebagai pengawas keuangan daerah. Selain itu, pihak regulator sebaiknya memberikan perhatian untuk meningkatkan kinerja auditor dengan cara meningkatkan independensi dan memperkuat motivasi sehingga auditor internal dapat melaksanakan peran dan fungsinya secara maksimal agar pencapaian tujuan pemerintah daerah dapat terlaksana secara akuntabel.

Kata kunci : kompetensi, independensi, motivasi, kinerja auditor