Abstrak


Penerapan Model Two Stay Two Stray Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Daur Air (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN Tegalrejo No. 98 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018)


Oleh :
Dwi Nurpalupi Retnosari - K7114041 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar daur air dengan penerapan model two stay two stray berbasis eksperimen pada siswa kelas V SDN Tegalrejo No. 98 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Hasil belajar yang dimaksudkan adalah dalam bidang kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Tegalrejo No. 98 Surakarta yang berjumlah 25 siswa dan guru kelas V. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan kajian dokumen. Validitas data diuji dengan validitas isi, trianggulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif dan model analisis interaktif Miles Huberman yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran two stay two stray berbasis eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar daur air pada siswa kelas V SDN Tegalrejo No.98 Surakarta Tahun Ajaran 2017/ 2018. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan peningkatan ketuntasan klasikal kognitif siswa sebelum tindakan hanya 32%, pada siklus I 56%, pada siklus II 76%, dan siklus III 96%. Sedangkan peningkatan afektif pada rata-rata nilai sebelum tindakan hanya 1, 04, berada dalam kategori cukup, pada siklus I 1, 43, berada dalam kategori cukup, pada siklus II 1, 82, berada dalam kategori cukup, dan siklus III 2, 09 berada dalam kategori tinggi. Peningkatan psikomotorik pada rata-rata nilai sebelum tindakan hanya 1, 04, berada dalam kategori cukup, pada siklus I 1, 53, berada dalam kategori cukup, pada siklus II 1, 97, berada dalam kategori cukup, dan siklus III 2, 32, berada dalam kategori tinggi.
Kata kunci: two stay two stray, eksperimen, hasil belajar, daur air