Abstrak


Penerapan Model Scramble Dengan Media Puzzle Dalam Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Maduretno Tahun Ajaran 2017/2018


Oleh :
Lisa Saputri - K7114102 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model scramble dengan media puzzle dalam peningkatan keterampilan membaca permulaan, (2) meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa melalui penerapan model scramble dengan media puzzle, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model scramble dengan media puzzle dalam peningkatan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri Maduretno tahun ajaran 2017/2018.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan secara kolaboratif dan berlangsung selama tiga siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Maduretno dengan jumlah siswa sebanyak 28. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes yang berupa observasi dan wawancara. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Langkah-langkah penerapan model scramble dengan media puzzle meliputi penyajian materi dan penjelasan aturan permainan puzzle, pembentukan kelompok, pembagian LKS dan puzzle, diskusi kelompok, presentasi hasil diskusi, pembahasan dan penilaian; (2) hasil peningkatan keterampilan membaca permulaan pada siklus I mencapai 67,86%, pada siklus II meningkat menjadi 78,57%, dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 89,29%; (3) kendala pada penelitian ini yaitu siswa belum dapat mengerjakan dengan tenang dan tertib, serta siswa belum aktif bertanya, adapun solusi dari kendala tersebut yaitu guru memberi teguran yang lebih tegas agar siswa dapat mengerjakan tugasnya dengan lebih tenang dan tertib,  serta guru memberi kesempatan dan memancing siswa untuk mengajukan pertanyaan.
Simpulan  penelitian  ini  adalah  penerapan  model  scramble  dengan media puzzle dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri Maduretno tahun ajaran 2017/2018