Abstrak


Pengaruh Psychological Contract Pada Performance Dengan Organizational Identification Sebagai Pemediasi (Studi Pada Frontline Hotel Di Yogyakarta)


Oleh :
Arintha Valentysha Putri - F0213016 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penulisan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh (1) transactional psychological contract pada service-oriented in-role performance, (2) relational psychological contract pada service-oriented in-role performance, (3) peran organizational identification memediasi pengaruh relational psychological contract dan service-oriented in-role performance.
Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan frontline hotel bintang 5 di Yogyakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 126 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana. Pengujian mediasi dalam penelitian ini menggunakan metode hierarchy regression analysis (HRA)  
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa transactional psychological contract berpengaruh negatif dan signifikan pada service-oriented in-role performance, relational psychological contract berpengaruh positif dan signifikan pada service-oriented in-role performance. Pada penelitian ini organizational identification memediasi secara parsial pengaruh relational psychological contract pada service-oriented in-role performance.
     
Kata Kunci: Psychological contract, transactional psychological contract, relational psychological contract, service-oriented in-role performance, organizational identification.