Abstrak


Teachers As Material Developers (A Case Study at SMK Negeri 6 Surakarta in the Academic Year 2016/2017)


Oleh :
Arinta Rizky Budiarti - K2213008 - Fak. KIP

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi: (1) proses yang dilakukan untuk mengembangan materi, (2) relevansi antara materi yang dikembangkan dengan silabus yang dipakai disekolah. (3) kesulitan yang ditemui pada saat mengembangkan materi.
Peneliti menggunakan studi kasus sebagai metode penelitian. Penelitian dilaksanakan pada Oktober 2017 pada dua guru Bahasa inggris kelas sebelas SMK N 6 Surakarta pada Tahun Akademik 2016/2017. Peneliti mengumpulkan data melalui mewawancarai dua guru Bahasa inggris kelas sebelas  SMK Negeri 6
Surakarta, mengamati pembelajaran dan mengumpulkan dokumen-dokumen dari guru. Data yang diperoleh dalam bentuk salinan wawancara, catatan, dan dokumen.
Metode dari Miles and Huberman digunakan untuk memperoleh teori dari data yang telah dikumpulkan. Hasil temuan menunjukkan bahwa: (1) terdapat beberapa langkah-langkah yang harus dilalui guru dalam mengembangkan materi, meliputi: a) identification of need for materials, b) exploration of need, c) contextual realization of materials, d) pedagogical realization of materials, e) productions of materials, f) students’ use material, and g) evaluation of the materials; (2) relevansi antara materi yang dikembangkan dengan silabus yang dipakai meliputi instruksi, isi, dan pendekatan ilmiah; (3) kesulitan yang dialami guru saat mengembangkan materi adalah a) terbatasnya waktu untuk mengembangkan materi dan b) membuat materi yang efektif untuk semua siswa. Solusi dari masalah tersebut adalah membuat jadwal pribadi, memberi motivasi atau dorongan dan memberi materi tambahan kepada siswa yang belum mengerti topik tertentu, dan memberi penghargaan untuk beberapa siswa yang sudah mengerti topik tertentu sebelum waktu yang telah ditentukan.
Pengembangan materi sangat penting untuk membantu guru dan siswa dalam pembelajaran. Guru harus terus memperkaya pengetahuannya mengenai pengembangan materi supaya agar guru dapat membuat materi yang tepat dan juga melalui langkah-langkah yang tepat. Selain itu guru juga bisa mendapatkan pengetahuan tentang solusi-solusi dari kesulitan-kesulitan dalam mengembangkan materi. Peneliti berharap penemuan ini dapat bermanfaat untuk guru, siswa dan peneliti lain.