Abstrak


PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MEDIA VIDEO DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN SBK TENTANG MENGGAMBAR IMAJINATIF PADA SISWA KELAS III SDN REJOSARI TAHUN AJARAN 2017/2018


Oleh :
Tri Anah Agustin - K7114180 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah yang tepat penerapan pendekatan saintifik dengan media video, (2) meningkatkan pembelajaran SBK tenang menggambar imajinatif melalui penerapan pendekatan saintifik dengan media video, dan (3) mendeskripsikan kendala yang dihadapi dan solusi penerapan pendekatan saintifik dengan media video.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas tipe kolaboratif. Penelitian dilakukan selama tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Rejosari yang terdiri dari 33 siswa. Sumber data pada penelitian ini yaitu siswa, guru kelas III SD, dan teman sejawat. Teknik pengumpul data menggunakan observasi, wawancara, dokumen, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan pendekatan saintifik dengan media video dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) mengamati dengan media video, (b) menanya berdasarkan media video, (c) mencoba menggambar berdasarkan media video, (c) menalar berdasarkan media video, (e) mengkomunikasikan berdasarkan media video, dan (f) mencipta bedasarkan media video; (2) penerapan pendekatan saintifik dengan media video dapat meningkatkan pembelajaran SBK tentang menggambar imajinatif pada siswa kelas III SDN Rejosari tahun ajaran 2017/2018 terbukti persentase jumlah siswa yang tuntas pada siklus I = 84,85%, siklus II = 89,39%, siklus III = 92,33%; (3) kendala yang dihadapi yaitu siswa kurang percaya diri pada kegiatan menanya dan siswa kurang memperhatikan penjelasan guru. Solusi dari kendala tersebut yaitu guru mengingatkan dan memotivasi siswa agar percaya diri pada kegiatan menanya dan guru mengingatkan dan menegur siswa agar lebih memperhatikan penjelasan guru tentang video yang akan digunakan.
Simpulan penelitian ini yaitu penerapan pendekatan saintifik dengan media video dapat meningkatkan pembelajaran SBK tentang menggambar imajinatif pada siswa kelas III SDN Rejosari tahun ajaran 2017/2018.

Kata Kunci: pendekatan saintifik, video, menggambar imajinatif