Abstrak


Penggunaan Media Google Cardboard Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Materi Usaha dan Energi Kelas XI IPA 3 SMA Negeri Kebakkramat


Oleh :
David Hanif Setiaji - K2311015 - Fak. KIP

ABSTRAK

David Hanif Setiaji. K2311015. PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE CARDBOARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI KEBAKKRAMAT. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2018.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri Kebakkramat dalam pembelajaran fisika dengan penggunaan media Google Cardboard tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali tahap persiapan kemudian dilanjutkan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri Kebakkramat sebanyak 38 siswa. Data diperoleh melalui tes, dan kajian dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif didukung data kuantitatif.
Pada penelitian ini ada 4 indikator yang digunakan untuk menilai kemampuan kognitif yaitu mengingat, menjelaskan, menerapkan, dan menganalisis. Indikator keberhasilan kemampuan kognitif siswa adalah minimal 75 % siswa dinyatakan tuntas melampaui target.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Google Cardboard pada pembelajaran fisika dapat meningkatkan kemapuan kognitif siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri Kebakkramat tahun ajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukkan dari hasil tes kemampuan kognitif yang mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II dan mencapai indikator keberhasilan pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Google Cardboard dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran apabila siswa memiliki fasilitas handphone android dan yang sejenis dan siswa aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

Kata kunci: Google Cardboard, Kemampuan Kognitif