Abstrak


Pengaruh Penambahan Getah Tanaman Biduri (Calotropis Gigantea) Terhadap Kualitas Hedonik Daging Itik Petelur Afkir


Oleh :
Allan Dwi Budhiastuti - H0510006 - Fak. Pertanian

Abstrak

Daging unggas salah satunya adalah daging itik petelur afkir. Dimana daging itik petelur afkir memiliki kelemahan yaitu tekstur lebih liat dan alot karena umur yang tua. Perlu adanya pengolahan untuk mengurangi kelemahan daging yang alot, salah satunya dengan menggunakan protease yang dapat meningkatkan keempukkan daging. Protease yang sering digunakan adalah enzim papain dan bromelin yang berasal dari buah pepaya dan nanas. Ditinjau dari keadaan tersebut, maka perlu dicari alternatif untuk menambahkan protease yang dapat digunakan untuk mengempukan daging yang tidak kompetitif bahan pangan. Pemanfaatan tanaman biduri yang merupakan tumbuhan semak dapat menjadi alternatif, dimana salah satunya kandungan getah tanaman biduri adalah protease. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh level penambahan getah tanaman Biduri dan mengetahui level terbaik penambahan getah tanaman Biduri terhadap kualitas hedonik daging itik petelur afkir.

Materi yang digunakan adalah daging itik petelur afkir yang telah dimasak dan getah tanaman biduri. Peubah yang diamati keempukan, warna, aroma, rasa, juisi, dan kesan kesukaan keseluruhan. Rancangan percobaan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) pola searah dengan level konsentrasi getah biduri (0, 3, 6, 9%). Pengujian hedonik menggunakan nine-point hedonic scale dengan 25 panelis sebagai ulangan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan getah biduri tidak berpengaruh (P>0,05) terhadap keempukan, warna dan aroma tetapi berpengaruh (P<0>

Kata kunci : Daging itik petelur afkir, Getah biduri, Uji hedonik