Abstrak


Egg Roll Sumber Serat Dengan Pemanfaatan Bahan Lokal


Oleh :
Rahmitha Devi Martha - H3115058 - Fak. Pertanian

RINGKASAN

Egg roll merupakan makanan ringan yang terbuat tepung terigu, telur dan margarin, bertekstur kering, rapuh dan berbentuk seperti suling. Bahan baku utama dalam pembuatan egg roll adalah tepung terigu yang berasal dari gandum. Namun, gandum hanya dapat tumbuh dikawasan subtropis yang menyebabkan impor terigu meningkat. Karena egg roll merupakan makanan yag tidak memerlukan pengembangan dan fermentasi, maka tepung terigu dapat disubtitusikan dengan bahan bahan lokal antara lain bekatul sebagai penambah gizi dan serat yang lebih murah dibandingkan gandum, kacang tunggak sebagai sumber protein yang cukup tinggi, dan pisang sebagai penambah cita rasa dan aroma pada egg roll.
Pada pembuatan egg roll sumber serat dengan pemanfaatan bahan lokal, bahan utama yang digunakan antara lain adalah telur, tepung terigu, bekatul, kacang tunggak, dan pisang uter/awak. Untuk pembuatan egg roll ini, sebelumnya bekatul, kacang tunggak, dan pisang diberi proses terlebih dahulu agar mempermudah proses pencampuran pada pembuatan egg roll. Pembuatan egg roll terdiri dari beberapa tahapan yaitu tahap persiapan bahan, tahap pencampuran, tahap pemasakan, tahap pendinginan dan tahap pengemasan.
Skor kualitas egg roll terbaik berdasarkan aroma, rasa, tekstur dan overall adalah formula F3 dengan formula bekatul 20% + kacang tunggak 20% + pisang
40% + terigu 20?n F4 dengan formula bekatul 26,67% + kacang tunggak

26,67% + pisang 26,67% + terigu 20%. Sedangkan untuk kualitas gizi yakni kadar air berkisar 3,81%-3,83%; kadar protein berkisar 11,56%-11,58%; kadar lemak berkisar 18,13%-19,03%; kadar karbohidrat berkisar 63,63%-64,76%; kadar abu berkisar dari 1,74%-1,95%; dan untuk kadar serat pangan berkisar 5,11%-5,59%. Berdasarkan perhitungan ekonomi yang dilakukan mengenai penentuan HPP, BEP, dan ROI maka usaha produksi egg roll sumber serat dengan pemanfaatan bahan lokal menguntungkan dan layak dijalankan.