Abstrak


Peningkatan Keterampilan Menulis Laporan Pengamatan Melalui Model Pembelajaran Kuantum Menggunakan Media Film Bisu ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VA SD Djama’atul Ichwan Surakarta Pada Tahun Ajaran 2016/2017)


Oleh :
Wiwin Winduri - K7113232 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis laporan pengamatan melalui model pembelajaran Kuantum menggunakan media film bisu pada siswa kelas VA SD Djama’atul Ichwan Surakarta tahun ajaran 2016/2017.
Subyek penelitian ini yaitu guru kelas dan 31 siswa kelas VA SD Djama’atul Ichwan Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap dimulai dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara dan tes. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data tersebut dianalisis dengan model analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian, ditinjau dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70 diperoleh nilai rata rata kelas sebelum tindakan yaitu 55 dengan ketuntasan klasikal 35,5%, pada siklus I nilai rata rata kelas meningkat menjadi 67,7 dengan ketuntasan klasikal 64,5?n pada siklus II nilai rata rata kelas meningkat menjadi 75,11 dengan ketuntasan klasikal 87,1%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis laporan pengamatan dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Kuantum menggunakan media film bisu pada siswa kelas VA SD Djama’atul Ichwan Surakarta tahun ajaran 2016/2017.
Kata kunci: keterampilan menulis laporan pengamatan, model pembelajaran Kuantum, film bisu