Abstrak


Perhitungan Frekuensi Referensi Karya Ilmiah Tugas Akhir dalam Bentuk Vector Space Model Menggunakan Cosine Similarity dan Hamming Distance Studi Kasus: Program Studi


Oleh :
Lydia Permata Sari - M0510031 - Fak. MIPA

ABSTRAK

Daftar pustaka pada tugas akhir berisi sumber pustaka yang digunakan oleh penulis. Sumber pustaka yang dikutip berupa buku, jurnal, majalah, surat kabar atau internet.  Karya  ilmiah  berupa  jurnal  dan  proceeding  yang  digunakan  sebagai sumber  pustaka  juga  dicantumkan  di  dalam  daftar  pustaka.  Perhitungan  karya ilmiah   yang   telah   dicantumkan   di   daftar   pustaka   dapat   digunakan   untuk menghitung frekuensi penggunaan karya ilmiah yang digunakan oleh mahasiswa S1 Informatika UNS dalam bentuk Vector Space Model menggunakan metode Cosine Similarity dan Hamming Distance.
Perhitungan frekuensi penggunaan karya ilmiah menggunakan metode Vector Space Model untuk mencari nilai bobot judul karya ilmiah dimana hasilnya akan  digunakan  untuk mengidentifikasi pencarian  kesamaan judul  karya  ilmiah dengan menggunakan metode Cosine Similarity. Metode Hamming Distance digunakan untuk menghitung jarak kemiripan nama pengarang dan tahun. Data yang dijadikan untuk  bahan  penelitian  ini  sebanyak  100  dokumen  tugas akhir. Terdapat 47% dokumen yang memenuhi syarat penulisan Harvard / APA.
Hasil dari perhitungan yang telah dilakukan yaitu terdapat 27 judul karya ilmiah yang sama,  dan menghasilkan 12 karya ilmiah yang memiliki frekuensi kemunculan sebanyak 2 kali atau lebih. Terdapat 5 karya ilmiah yang berasal dari dalam negeri, dan 7 karya ilmiah yang berasal dari internasional.

Kata  kunci  :  Cosine  Similarity,  Frekuensi  Karya  Ilmiah,  Hamming  Distance, Vector Space Model.