Abstrak


Kolaborasi Antara Pemerintah dan Masyarakat dalam Pengelolaan Taman Cerdas “Soekarno-Hatta” di Kelurahan Jebres Kota Surakarta


Oleh :
Arina Ulfa Fauzia - D0113011 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Pembangunan Taman Cerdas di setiap kelurahan merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Surakarta dalam mewujudkan Kota Layak Anak. Taman Cerdas adalah tempat untuk bermain, belajar, dan menambah pengetahuan bagi anak-anak dan masyarakat. Salah satunya adalah pembangunan Taman Cerdas di Kelurahan Jebres yaitu Taman Cerdas “Soekarno-Hatta”. Taman Cerdas “Soekarno-Hatta” ini merupakan Taman Cerdas terluas di Surakarta dan menjadi rujukan hingga tingkat nasional. Untuk mewujudkan tujuan Taman Cerdas, tentu terdapat usaha-usaha yang perlu dilakukan, yaitu dengan adanya kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat dalam pengelolaannya, karena pemerintah tidak dapat berdiri sendiri.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kolaborasi antara Pemerintah dan Masyarakat  dalam  pengelolaan  Taman  Cerdas  “Soekarno-Hatta”  dengan menggunakan  8  kriteria  keberhasilan  kolaborasi  menurut  De Seve:  jenis  struktur jaringan, komitmen terhadap tujuan, saling percaya diantara pelaku, governance, akses terhadap kekuasaan, pembagian akuntabilitas dan responsibilitas, berbagi informasi, serta akses terhadap sumberdaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik penentuan informan melalui purposive sampling dan snowball sampling. Validitas data dilakukan melalui triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: jenis struktur jaringan mengarah ke model Network Administration Organization dan sudah efektif; komitmen terhadap tujuannya cukup efektif, mereka tetap bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas walaupun masih ada kekurangan; kepercayaan para pelaku juga sudah efektif, pemerintah dan masyarakat sama-sama merasa membutuhkan satu sama lain; adanya kepastian governance, cukup efektif, hanya saja masih terdapat kekurangan dalam hal pengawasan; akses terhadap kekuasaan sudah efektif, standar dan prosedur sudah diatur dengan jelas; pembagian akuntabilitas/responsibilitas sudah efektif karena sudah diatur dengan jelas dan dapat dilaksanakan dengan baik;   terkait berbagi informasi, kurang efektif karena masih kurang merata; akses terhadap sumber daya sudah efektif, karena sudah diatur dengan baik. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa kolaborasi yang dilakukan sudah cukup efektif/berhasil.

Kata kunci : Taman Cerdas, Pengelolaan, Kolaborasi