Abstrak


Hubungan Durasi Penggunaan Internet terhadap Kualitas Tidur pada Remaja


Oleh :
Helena Christina Yolanda - G0015107 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK


Latar Belakang: Kemajuan Teknologi menyebabkan perubahan pola penggunaan media teknologi dan komunikasi oleh masyarakat. Penggunaan internet di Indonesia tertinggi   pada kelompok usia 13-18 tahun. Penggunaan internet berlebihan memiliki banyak dampak negatif yang dapat mempengaruhi fungsi kegiatan sehari-hari.

Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain studi cross sectional, yang dilakukan pada bulan September 2018 di SMA 1 Surakarta. Subjek penelitian adalah siswa dan siswi SMA 1 Surakarta pada kelas XI dan XII. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive total sampling. Data kualitas tidur didapat melalui kuesioner PSQI (Pittsburgh Sleep Quality Index) yang telah diuji validitas dan reabilitas dan data durasi penggunaan internet serta variabel luar didapatkan melalui angket. Data kemudian diolah menggunakan aplikasi statistik.

Hasil  Penelitian:  Dari    450  siswa,  didapatkan  kuesioner  kembali  160  siswa dengan total siswa yang memenuhi kriteria inklusi adalah 152 siswa. Responden terdiri dari 55 laki-laki (36,18%) dan 97 perempuan (63,82%). Terdapat korelasi yang lemah antara durasi penggunaan internet terhadap kualitas tidur pada remaja baik pada penggunaan diatas 2 jam   (r   = 0,24; p= 0,003 IK = 95%) maupun penggunaan dibawa 2 jam (r = -0,22; p= 0,675 IK = 95%) dan adanya hubungan antara jenis kelamin dengan kualitas tidur pada remaja (r= 0,179 p =
0,028; IK=95%). Penggunaan internet diatas 2 jam memiliki kemungkinan 1,13 kali lebih besar mengalami kualitas tidur yang buruk sementara perempuan 2,5 kali lebih besar mengalami kualitas tidur yang buruk dan adanya riwayat penyakit kronis  memiliki  kemungkinan  1,39  kali  lebih  besar  mengalami  kualitas  tidur buruk.

Simpulan: Terdapat hubungan yang lemah antara durasi penggunaan internet diatas 2 jam terhadap kualitas tidur yang buruk pada remaja. Terdapat beberapa faktor yang berperan dalam kualitas tidur seperti jenis kelamin, irama sirkardian tubuh, riwayat penyakit kronis.


Kata Kunci: Durasi penggunaan internet, kualitas tidur, remaja