;

Abstrak


Pengaruh Elektrolit (Natrium, Kalium, Kalsium, Magnesium) terhadap Outcome Pasien Stroke Infark di RSUD Dr. Moewardi Surakarta


Oleh :
Dr Immaculata A.w - S551402002 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK
Latar Belakang: Stroke adalah gangguan fungsional otak baik fokal maupun global yang menyebabkan terjadinya gangguan klinis yang berkembang secara cepat, dapat mengawali  kematian  dengan  tanpa  penyebab  lainnya  selain  gangguan  pembuluh darah otak.Banyak pasien stroke yang terganggu dalam pekerjaan sehari-hari dan sebanyak 20% pasien stroke yang selamat sangat tergantung pada orang lain.Jumlah penderita penyakit stroke di Indonesia tahun 2013 berdasarkan diagnosis tenaga kesehatan (Nakes) diperkirakan sebanyak 1.236.825 orang (7,0‰), sedangkan berdasarkan   diagnosis   Nakes/   gejala   diperkirakan   sebanyak   2.137.941   orang (12,1‰).  Pada  respon  selular  dan  biokimia  yang  mengikuti  stroke, ketidakseimbangan ion metal pada saraf adalah inti kejadian stroke secara selular yang terjadi secara tiba-tiba dan mengawali over reaksi dari berbagai enzim dan proses penanda  yang mengganggu  fungsi neuronal atau mengawali kematian sel. Dalam berbagai penelitian, ion metal yang paling berhubungan dengan stroke adalah Kalsium (Ca), dan berdasarkan berbagai bukti yang muncul ternyata pengeluaran Kalsium  ini  dipengaruhi  dan  mempengaruhi  ion  lainnya  seperti  Natrium  (Na), Kalium (K), Magnesium (Mg).

Metode: Penelitian ini berupa penelitian kuantitatif analitik observasional dengan pendekatan cross sectional dengan populasi 30 pasien stroke infark yang dirawat di bangsal saraf RSUD Dr. Moewardi Surakarta pada periode November sampai Desember 2017.

Hasil: Hasil analisis dengan regresi linier menunjukkan hubungan yang tidak signifikan antara kadar Natrium (p=0.752;p>0.05), kadar Kalium (p=0.275;p>0.05), kadar   Kalsium   (p=0.268,p>0.05),   kadar   Magnesium   (p=0.672;p>0.05).   Kadar Natrium, Kalium, Kalsium, Magnesium secara bersamaan p=0.903;p>0.05 terhadap outcome stroke infark fase akut yang dinilai dengan NIHSS.

Simpulan: Tingkat pengaruh Natrium, Kalium, Kalsium, dan Magnesium secara bersamaan tidak signifikan terhadap nilai outcome stroke (NIHSS).

Kata Kunci : Elektrolit, Natrium, Kalium, Kalsium, Magnesium, Stroke Infark,
Outcome,  NIHSS