Abstrak


Kinerja Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sragen dalam Pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah Produk Unggulan


Oleh :
Rahmad Irfandi - D0113080 - Fak. ISIP

ABSTRAK
Usaha Kecil dan Menengah (UKM) telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan negara Indonesia. Baik ditinjau dari jumlah usaha maupun penyerapan tenaga kerja. Kabupaten Sragen mempunyai potensi untuk mengembangkan perekonomian khususnya di sektor UKM. Perkembangan UKM Produk Unggulan di Kabupaten Sragen menunjukan peningkatan tiap tahunnya. Akan tetapi UKM Produk Unggulan ini masih menemui beberapa kendala dalam menjalankan usaha mereka. Untuk itu Dinas Koperasi dan UKM berkewajiban untuk melakukan pemberdayaan UKM di Kabupaten Sragen, khususnya UKM Produk Unggulan agar dapat terus berkembang dan menjadi lebih mandiri.
Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mendeskripsikan Kinerja Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sragen dalam pemberdayaan UKM Produk Unggulan. Serta apa saja factor yang mendukung dan menghambat kinerja dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sragen.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menggambarkan keadaan sesungguhnya. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa hasil wawancara dan data-data dokumen. Teknik pengumpulan data adalah dengan cara wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling untuk mendapatkan sampel data. Uji validitas data yang digunakan adalah teknik trianggulasi data yaitu dengan menguji data yang sejenis dari berbagai sumber. Hasil penelitian yang didapat kemudian dianalasis melalui analisis model interaktif.
Hasil dari penelitian terkait Kinerja Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sragen dalam pemberdayaan UKM Produk Unggulan adalah dengan mengadakan pelatihan bimbingan teknis, pemberian bantuan peralatan, serta mengikutkan dalam kegiatan pameran. Produktivitas, responsivitas dan akuntabilitas Dinas Koperasi dan UKM secara keseluruhan sudah cukup baik namun perlu adanya peningkatan. Dalam menjalankan kinerjanya Dinas Koperasi dan UKM juga memiliki factor pendukung yakni kerjasama yang baik antara Dinas Koperasi dan UKM dengan pengusaha UKM serta bantuan dari pihak luar yang mendukung pemberdayaan UKM Produk Unggulan. Serta adanya beberapa faktor penghambat yakni terbatasnya jumlah aparat, anggaran, serta luasnya daerah binaan yang mempengaruhi Kinerja Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sragen.
Kata kunci : Kinerja, Instansi, UKM