Abstrak


Peran Kampanye Greenpeace Dalam Usaha Penghentian Penggunaan Mixed Tropical Hardwood (MTH) Oleh Produsen Mattel Pada Tahun 2009-2013


Oleh :
Sekar Pratiwi Prabaningtyas - D0413050 - Fak. ISIP

ASBTRAK

Penggunaan Mix Tropical Hardwood (MTH) dalam kemasan mainan yang diproduksi oleh produsen Mattel berperan dalam peningkatan deforestasi dan kerusakan ekosistem hutan hujan tropis di Indonesia, khususnya Sumatera. Keterkaitan Mattel dibuktikan dengan kontrak pasokan bahan baku yang berasal dari pelanggaran legal logging yang dilakukan oleh Asia Pupl and Paper (APP) dan anak perusahaannya. Kondisi ini mendorong Greenpeace untuk melakukan aksi kampanye guna mempengaruhi penghentian penggunaan MTH oleh Mattel.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan studi pustaka dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif yang terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kerangka pemikiran penelitian ini berorientasi dari green theory, konsep lingkungan hidup, non government organization dan kampanye.
Hasil penelitian menunjukkan aksi kampanye Greenpeace mendorong Mattel untuk berkomitmen untuk memutus kontak dengan APP dan mengumumkan sustainable sourcing principles. Dengan kebijakan ini, Mattel lebih selektif dalam memilih perusahaan untuk bekerjasama. Mattel juga meningkatkan produksi daur ulang seperti produk Barbie Thumbelina yang menggunakan karton daur ulang untuk kemasan. Implikasi yang terjadi muncul efek domino yaitu perusahaan seperti Lego, Hasbro, KFC, Walt Disney, dan perusahaan lain juga memutus kontrak dengan APP, sehingga banyak perusahaan penyandang dana yang menjual saham dari APP. Kondisi ini mendesak APP melakukan perbaikan kebijakan produksi dengan melakukan penandatanganan komitmen bersama dengan Menteri Kehutanan dan Kepala Kampanye Greenpeace.
Kata kunci : Kampanye Greenpeace, Mix Tropical Hardwood, Non Government Organization, Mattel, Deforestasi