Abstrak


Pembuatan Game Petualangan Menjaga Kebersihan Lingkungan Uns 3d “Put The Trash Save The Earth” Berbasis Android


Oleh :
Theo Ady Nugroho - M3115134 - Fak. MIPA

INTISARI

 

Theo Ady Nugroho. 2018. PEMBUATAN GAME PETUALANGAN MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN UNS 3D “PUT THE TRASH SAVE THE EARTH” BERBASIS ANDROID Program Studi Diploma III Teknik Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Kebersihan lingkungan dipengaruhi oleh perilaku masyarakat dalam mengelola sampah yang dihasilkannya. Perilaku masyarakat yang tidak peduli terhadap kebersihan lingkungan dapat menyebabkan gangguan kesehatan dalam masyarakat dan dampak yang lebih buruk dapat menyebabkan kerusakan lingkungan. Pengetahuan dan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan perlu ditingkatkan. Oleh sebab itu sebuah pembelajaran tentang sikap peduli terhadap kebersihan lingkungan perlu ditanamkan kepada setiap orang terutama anak-anak, karena menjaga kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab setiap orang. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan sebuah media dalam upaya untuk memberikan pembelajaran tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan hidup lewat sebuah game dalam smartphone.
Pembuatan game edukasi 3 dimensi ini menggunakan software Unity 3D dan didukung dengan menggunakan bahasa pemrograman C# yang diterapkan di platform android. Hasil dari penelitian ini berupa game edukasi 3 dimensi dengan tentang permasalahan kebersihan lingkungan, dampak yang ditimbulkan dan menyajikan 3 misi untuk menyelamatkan lingkungan yaitu dengan membuang sampah pada tempatnya, menanam pohon, dan menyiram pohon. Pengguna game diharapkan dapat lebih memahami permasalahan kebersihan lingkungan dan peduli terhadap dampak dan akibatnya.


Kata kunci: Game, 3 Dimensi , Edukasi, Kebersihan lingkungan,