Abstrak


Pola Pencarian Informasi Dikalangan Masyarakat Pedesaan (Studi Kasus Masyarakat Desa Rambat Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Provinsi Jawa Tengah)


Oleh :
Najmuz Zaman - D1215033 - Fak. ISIP

Penelitian   ini   bermaksud   memberikan   gambaran   bagaimana   pola pencarian informasi dikalangan masyarakat di pedesaan, khususnya masyarakat di Desa Rambat.  Setiap  masyarakat  memiliki caranya  masing-masing  melakukan pencarian informasi dan juga jenis informasinya yang beragam. Informasi masyarakat pedesaan tidak sama dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat perkotaan ataupun tepian kota. Hal tersebut karena adanya faktor-faktor tertentu yang membuat informasi tersebut berbeda, seperti sarana dan prasarana dan juga kebutuhan dari masyarakatnya itu senrdiri. Dalam hal ini berbeda pula dengan masyarakat pedesaan seperti contohnya masyarakat yang berada di Desa Rambat.

Penelitian ini menggunakan metode campuran atau multiple method, yang dimana  campuran  antara  metode  yang  digunakan  adalah  kuantitatif  sebagai metode utama dengan cara teknik survei terhadap 60 orang responden dan juga metode kualitatif sebagai pendukung  yaitu  teknik wawancara dengan 6  orang narasumber. Hasil dari wawancara adalah sebagai pelengkap memenuhi hasil survei.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat pedesaan, khususnya masyarakat di Desa Rambat, masih kesulitan dalam melakukan pencarian informasi, berbeda dengan masyarakat perkotaan ataupun tepian kota. Karena sulitnya akses telekomunikasi dan juga sarana prasarana yang berada di pedesaan.   Sehingga   informasi   yang   dibutuhkan   sedikit   terhambat   dalam melakukan kepuasan pencarian informasi.