Abstrak


Penerapan Metode Total Physical Response dalam Pembelajaran Bahasa Mandarin di Kelas 1b dan Kelas 2a Sd Marsudirini Surakarta


Oleh :
Visitian Armadatama Riyadi Saputri - C9612025 - Fak. Ilmu Budaya

ABSTRAK

Proses pembelajaran yang monoton membuat siswa mudah menjadi bosan, hal ini mengakibatkan kurang maksimalnya materi pembelajaran yang diterima siswa, terutama siswa sekolah dasar kelas 1B dan kelas 2A. Hal ini juga berlaku sama pada saat pembelajaran bahasa Mandarin, oleh karena itu penulis menggunakan metode Total Physical Response dimana metode ini mengandalkan gerak tubuh yang memacu siswa untuk aktif dalam belajar bahasa Mandarin.

Permasalahan yang dibahas dalam laporan tugas akhir ini, yaitu (1) apa pengaruh metode pembelajaran  Total Physical Response terhadap perkembangan peserta didik dalam pembelajaran bahasa Mandarin di kelas 1B dan kelas 2A SD Marsudirini Surakarta? (2) faktor apa saja yang mempengaruhi penerapan metode Total Physical Response? (3) apa sajakah hambatan dan solusi yang dihadapi penulis ketika melakukan praktik kerja lapangan di kelas 1B dan kelas 2A SD Marsudirini Surakarta?

Teknik pengumpulan data  yang digunakan penulis dalam penulisan tugas akhir ini menggunakan metode observasi, studi kepustakaan dan internet.

Simpulan tugas akhir yaitu penulis mengetahui penggunaan dan penerapan metode pembelajaran Total Physical Response (TPR) ini dapat memberi dampak yang positif bagi siswa kelas 1B dan 2A di SD Marsudirini Surakarta. Dibuktikan dengan  diterimanya keberadaan  penulis saat  mengajar  di  kelas,  nilai  ulangan harian peserta didik yang cukup baik, serta sikap semangat peserta didik dalam mengikuti pelajaran bahasa Mandarin.

Kata Kunci : metode Total Physical Response, bahasa Mandarin, kelas 1 dan 2 SD